Selasa, 19 Juni 2012

BAB III KERANGKA KONSEP


23
BAB III
KERANGKA KONSEP
A.    Kerangka konsep
Kerangka konsep penelitian pada dasarnya adalah kerangka hubungan antara konsep-konsep yang diinginkan atau diukur melalui penelitian-penelitian yang akan dilakukan. (Notoatmojo,2003:69)

Bagan 3.1
Variabel Indevenden                                                Variabel Dependen
Pemberian ASI Ekslusif
Status Gizi
 










B.     Definisi Operasional
Tabel 3.1
No.
Variabel
Defenisi Operasional
Cara
Alat
skala
Hasil Pengukuran
1.
ASI ekslusif
Pemberian ASI saja tanpa ada tambahan cairan atau makanan lain pada bayi usia 0-6 bulan.
pengisian
kuesioner
ordinal
1: non ASI ekslusif usia 0-6 bulan.
0:ASI ekslusif usia 0-6 bulan.
2.
Status Gizi
Pengukuran status gizi sesuai dengan usia bayi (BB/Umur)
pengisian
kuesiner
ordinal
1:tidak normal (BB/U)
0:normal (BB/U)

C.    Hipotesis
Hubungan pembrian ASI ekslusif terhadap status gizi bayi usia 0-6 bulan di wilayah kerja Puskesmas Kenali Besar Kota Jambi.
Ø  Ada hubungan pemberian ASI ekslusif terhadap status gizi bayi usia 0-6 bulan di wilayah kerja Puskesmas Kenali Besar Kota Jambi.

25
BAB  IV
METODE PENELITIAN
A.    Jenis penelitian
Penelitian ini mengunakan metode penelitian kuantitatif dengan penelitian cross sectional, karena penelitian ini mengambil sampel dari suatu populasi dan mengunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang bertujuan untuk  mempelajari korelasi (hubungan) antara  ASI ekslusif (variable independen)  dan  status Gizi (variabel devenden) ,serta pengambilan data dilakukan dengan cara semua subjek penelitian diamati pada waktu yang bersamaan. (Notoatmojo,2005:148-149)
B.     Lokasi dan Waktu penelitian
     Penelitian ini dilakukan diwilayah kerja puskesmas kenali besar kota jambi pada bulan maret.
C.    Populasi dan sampel
1.      Populasi
Menurut Notoatmojo (2005:79) populasi adalah keseluruhan subjek penelitian. Berdasarkan pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa populasi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah ibu-ibu menyusui dengan usia bayi 0-6 bulan di wilayah kerja Puskesmas Kenali Besar Kota Jambi tahun 2010.



2.      Sampel
Sampel adalah bagian dari keseluruhan objek yang diteliti dan dianggap mewakili seluruh populasi, maka sampel dalam penelitian ini adalah ibu yang menyusui dengan usia bayi 0-6 bulan diwilayah kerja Puskesmas Kenali Besar Kota Jambi tahun 2010 dan pengambilan sampel dalam penelitian ini mengunakan teknik random sampling.
Besarsampel minimal penilitian ( untuk pemberian ASI eksulusif ) diambil dari hasil pehitungandengan megunakan rumus infinit 
D.    Teknik pengumpulan data
1.      Data primer
Data primer yaitu data yang diperoleh melelui pengisian kuesioner dan observasi terhadap ibu-ibu yang melahirkan bayi usia 0-6 bulan yang melakukan pemberian ASI ekslusif dan memiliki KMS atau catatan perkembangan Gizi bayi yang dilakukan oleh petugas posyandu setiap bulannya serta ibu yang  tidak memberikan ASI ekslusif sebagai perbandingannya dan cara pengumpulan data dilakukan langsung oleh peneliti
2.      Data sekunder
Data sekunder adalah data yang  diperoleh dari data Puskesmas Kenali Besar Kota Jambi dan yang  diambil adalah jumlah ibu-ibu  yang melahirkan  dengan usia bayi 0-6 bulan pada tahun 2010.


3.      Data tersier
          Data `tersier diperoleh dari buku-buku, jurnal dan internet (situs) yang diakui keabsahannya.
E.     Instrument penelitian
    Instrument yang digunakan adalah kuesioner yang berupa sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden. (Arikunto, 2002:128)
F.     Pengolahan data
Data yang terkumpul selanjutnya diolah melalui beberapaa tahapan yaitu :
1.      Coding yaitu kegiatan klasifikasi data dan memberikan  kode untuk masing-masing jawaban kuesioner.
2.      Editing yaitu meneliti kembali kelengkapan data yang terkumpul dan setiap jawaban kuesioner dan apakah data yang terisi dengan lengkap,jelas dan konsisten.
3.      Scoring yaitu menetapkan skor pada setiap variable.
4.      Entry yaitu semua data terkumpul dan diberi kode maka data tersebut dimasukkan kedalam computer.
5.      Cleaning yaitu kegiatan untuk memastikan bahwa sudah di entry siap untuk dianalisis.
G.   Analisis data
1.       Analisis Univariat
              Analisis menurut Notoatmojo (2005:188) analisis univariat yang dilakukan pada tiap variable dari hasil penelitian,dalam hal ini dilakukan untuk memperoleh gambaran distribusi frekuensi dari setiap variable yang diteliti maupun variable dependen (pemberian ASI ekslusif) dan variable independen (kenaikan berat badan bayi).
2.      Analisis bivariat
              Analisis bivariat adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara variable independen dengan variable dependen. Dalam analisis ini dapat dilakukan pengujian chi square mengunakan perhitungan program SPSS versi 12. Dengan batas kemaknaan 0,05 untuk melihat batas kemampuan 0,05 penolakan terhadap hipotesa  apabila P Value  <0,05 artinya  ada hubungan bermakna (Ho ditolak) sedangkan apabila P Value >0,05 artinya tidak ada hubungan yang bermakna (Ho gagal ditolak).


0 komentar:

Posting Komentar